BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah
kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha
atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa
sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi
siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun
didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang
digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk
memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia
industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu
pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan Ilmu
Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan
terkait.
B.
Dasar Penulisan
Dasar penulisan diadakannya PRAKERIN
(Praktek kerja Industri) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kinerja
tiap-tiap siswa yang bersekolah di sekolah kejuruan.
Dasar penulisan
dalam penyusunan laporan PRAKERIN ini tidak terlepas dari pihak –
pihak yang telah ikut membantu dalam menyelesaikan laporan penulis dalam
penulisan makalah ini menggunakan metode sebagai berikut:
1.
Metode observasi, merupakan metode yang
digunakan dengan cara memperoleh
data dengan meninjau langsung kegiatan yang dilakukan instansi tersebut.
2.
Metode analisis, merupakan metode yang
digunakan dengan cara memperoleh data dengan menganalisi terlebih dahulu
kebenaran dan keakuratan data yang diperoleh, sehingga dapat di simpulkan
menjadi sebuah laporan.
Selain itu dasar penulisan ini
berdasarkan dengan informasi-informasi yang didapat penulis selama mengikuti
PRAKERIN (Praktek kerja Industri) dan untuk membentuk karakter pada setiap diri
siswa-siswi PRAKERIN haruslah dengan memiliki kewajiwan-kewajiban yang harus
ditaati di tempat PRAKERIN dan
menanamkan nilai-nilai 18 pendidikan berkarakter.
Kewajiban Siswa
ditempat PRAKERIN adalah :
a.
Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah
disepakati;
b.
Mematuhi setiap Instruksi ditempat kerja;
c.
Melaksanakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan
Kerja);
d.
Menjaga nama baik Lembaga Pendidikan
(Almamater), Dunia Usaha dan Dunia Industri;
e.
Melakukan Observasi dan Penelitian yang
mempunyai tujuan Positif;
f.
Bertanya kepada pihak yang berkompten apabila
kurang paham/ dimengerti.
Kewajiban-kewajiban
lain yang harus dilakukan siswa ditempat PRAKERIN adalah harus melaksanakan dan
menanamkan 18 nilai pendidikan berkarakter, yaitu:
1.
Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah
agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2.
Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya
menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan,
tindakan, dan pekerjaan.
3.
Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai
perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang
berbeda dari dirinya.
4.
Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib
dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan.
5.
Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6.
Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk
menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7.
Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah
tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8.
Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak
yang menilai sama, hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9.
Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya,
dilihat, dan didengar.
10. Semangat
Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan
yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan
kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang
menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa,
lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai
Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya
untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta
menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat /
Komuniktif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang
berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang
menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca
berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli
Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan
upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin
memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri
sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan
Yang Maha Esa.
- Tujuan PRAKERIN
Adapun tujuan-tujuan diadakannya PRAKERIN,
meliputi:
a.
Mengimplementasikan materi yang selama ini
didapatkan di sekolah;
b.
Membentuk pola pikir yang konstruktif pola
pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN;
c.
Melatih siswa untuk berkomunikasi/ berinteraksi
secara profesional didunia kerja yang sebenarnya;
d.
Membentuk Etos kerja yang baik bagi siswa-siswi
PRAKERIN;
e.
Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan
dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi PRAKERIN sesuai bidang masing-masing;
f.
Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh
siswa agar dapat dikembangkan dan di Implementasikan dalam kehidupan
sehari-hari;
g.
Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah
dengan dunia industri maupun dunia usaha.
Dalam proses pengajuan siswa-siswi PRAKERIN
wajib mengikuti Prosedur yang ditetapkan oleh lembaga, Dunia Industri maupun
Dunia Usaha. Setiap lembaga, Dunia Industri maupun Dunia Usaha tentu saja
memiliki Prosedur yang berbeda-beda tergantung dari kondisi masing-masing Dunia
Industri maupun Dunia Usaha terkait.
BAB II
GAMBARAN UMUM
UNIVERSITAS
VETERAN SUKOHARJO
A.
Sejarah
Universitas
Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo merupakan perubahan bentuk atau pengembangan
dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Veteran Sukoharjo.
IKIP Veteran Sukoharjo didirikan oleh para Veteran pejuang kemerdekaan Republik
Indonesia pada 28 Maret 1968. Para pendiri IKIP Veteran Sukoharjo tersebut
ialah:
1.
Soenaryo As, B.A.
2.
FX. Sri Widodo, B.A.
3.
Soetasno, B.A.
4.
Karsono As, B.A.
5.
Soekri Atmotaroeno, B.A.
6.
Soeroso, B.A.
7.
Sarwoko, S.H.
8.
Drs. Mursidi
9.
Sulbekti
Pada mulanya IKIP Veteran Sukoharjo merupakan
cabang IKIP Veteran Jawa Tengah di Semarang, dengan Status terdaftar SK Dirjen
Dikti tanggal 29 September 1969 Nomor: 174 a/DPT/I/69.
Dengan Terbentuknya Yayasan Pembina/Perguruan Veteran Sukoharjo pada tanggal 9 November 1979 secara resmi IKIP Veteran Sukoharjo melepaskan diri dari IKIP Veteran Jawa Tengah Cabang Semarang.
Dengan Terbentuknya Yayasan Pembina/Perguruan Veteran Sukoharjo pada tanggal 9 November 1979 secara resmi IKIP Veteran Sukoharjo melepaskan diri dari IKIP Veteran Jawa Tengah Cabang Semarang.
Pimpinan sejak IKIP Veteran cabang Sukoharjo
sampai menjadi IKIP Veteran Sukoharjo sebagai berikut:
1.
Dekan Koordinator IKIP Veteran Cabang Sukoharjo
(1968 - 1979)
a.
|
Sarwoko, S.H.
|
: (1968 - 1971)
|
b.
|
Soetasno, B.A.
|
: (1971 - 1975)
|
c.
|
Karsono As, B.A
|
: (1976 - 1979)
|
2.
Pimpinan IKIP Sukoharjo (1979 - 1993)
a.
|
Rektor dan
Pembantu Rektor
|
|
Rektor
|
: Drs.
Soenaryo AS.
|
|
Pembantu
Rektor I
|
: Drs.
Mursidi
|
|
Pembantu
Rektor II
|
: Soetasno,
B.A.
|
|
Pembantu
Rektor III
|
: Drs. Soekri
Atmotaroeno
|
|
b.
|
Dekan
|
|
Dekan FPIPS
|
: Drs. FX.
Sri Widodo (1979 - 1985)
|
|
: Drs. A.Y.
Soegeng Ysh (1965 - 1988)
|
||
: Suhardjono,
S.H. (1988 - 1989)
|
||
: Mustakim,
S.H. (1989 - 1992)
|
||
Dekan FIP
|
: Drs.
Subagyo Brotosedjati (1979 -1989)
|
|
Dekan FPBS
|
: Drs.
Juarlan (1979 - 1989)
|
|
: Drs. Sumiyo
AS. (1989 - 1993)
|
||
Dekan FPMIPA
|
: Drs. Joko
Bekti Haryono (1989 - 1993)
|
Dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor :
30/D/0/1993 secara resmi IKIP Veteran Sukoharjo berubah menjadi Universitas
Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Untuk pertama kali struktur pimpinan
sebagai berikut:
Rektor
|
: Drs.
Soenaryo AS
|
|
Pembantu
Rektor I
|
: Drs. H.
Suhardjo
|
|
Pembantu
Rektor II
|
: Drs.
Mursidi
|
|
Pembantu
Rektor III
|
: Karsono As
|
|
Dekan FKIP
|
: Drs. Soekri
AN
|
|
Dekan Fak.
Teknik
|
: Ir. Susy
Susmartini, M. SIE.
|
|
Dekan F.
Pertanian
|
: Dr. Ir. Sri
Handayani, M.S
|
|
Dekan FISIP
|
: Drs.
Parwoto
|
Identitas
Sekolah
Dalam lambang Universitas Veteran Bangun
Nusantara Sukoharjo terdapat beberapa jenis unsur, yaitu tulisan dan
benda-benda. Unsur tulisan dan benda
tersebut meliputi;
1.
Unsur tulisan yang pertama berbunyi :
"Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo" bermakna tekad
mengabdi untuk membangun Nusantara tercinta .
2.
Unsur tulisan yang kedua terbaca "uninga
kawula ambangun nagara" yang dapat diterjemahkan sebagai
"mencerdaskan rakyat untuk membangun negara". Tulisan tersebut
merupakan paduan tulisan Latin dengan gaya Jawa yang mewujudkan candra sengkala
tahun terbentuknya Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, yaitu tahun
1993.
3.
Tampak dalam logo Universitas Veteran Bangun
Nusantara tiga bulatan rantai kencana yang saling terkait, menggambarkan jiwa,
semangat dan citra persatuan sepanjang zaman. Letak ketiga rantai kencana
memadu segaris dengan tulisan uninga kawula ambangun nagara menggambarkan jiwa,
semangat dan citra persatuan sepanjang zaman itu dalam rangka mencerdaskan
rakyat sebagai wujud nyata membangun bangsa dan negara, yang bisa disebut
Terminologi Pembangunan Nasional.
4.
Sebagai inti lambang Universitas Veteran Bangun
Nusantara Sukoharjo tampak unsur-unsur buku, pena, tiga kuncup bunga, terpadu
dengan lidah nyala api yang dilandasi pita merah putih, yang semuanya tergambar
dinamis menyatu arah bintang segilima sebagai puncaknya, yang meliputi;
o
Buku dan pena menggambarkan cita-cita
kecendikiaan.
o
Tiga kuncup bunga menggambarkan generasi muda
dari tiga masa: masa lampau, masa kini, dan masa datang, sekaligus wujud Tri
Dharma Perguruan Tinggi.
o
Lidah api menggambarkan semangat kebangsaan.
o
Bintang segilima mengingatkan pada tiga hal
yaitu secara interval mengingatkan kepada nama yang berdasar pada unsur lambang
yang telah disebut beserta warna-warna terpilihnya, gairah, dijiwai oleh
keberanian, kesucian, keluhuran dan keteguhan, mengemban dan melaksanakan misi
mencerdaskan rakyat dari tiga generasi, melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi,
dilandasi oleh cita-cita persatuan dan kesatuan bangsa, dipadu oleh jiwa dan
semangat veteran serta nilai-nilai luhur Pancasila, dalam naungan Tuhan Yang
Maha Esa, turut serta dalam dinamika Pembangunan Nasional Bangsa Indonesia,
serta wujud ibadah dan persembahan umat khalik Allah kepadaNya
B.
Visi Misi dan Tujuan
Visi Univet
Bantara:
- Menjadi universitas yang terkemuka di kawasan regional, pemuka dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
- Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian yang tinggi, beriman dan bertakwa, berbudi luhur, dan mampu berperan serta dalam pembangunan.
- Melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dengan menggunakan teknologi mutakhir, berpandangan jauh ke depan, tanggap dan adaptif terhadap perubahan.
Misi Univet Bantara:
- Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
- Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan produk sesuai kebutuhan prioritas pembangunan.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat.
Sarana dan
Prasarana
Univet Bantara Sukoharjo menghendaki para
sarjana lulusannya mempunyai wawasan yang luas, sehingga dapat menyumbangkan
tenaga dan pikirannya untuk kepentingan bangsa, negara dan pembangunan. Untuk
itu para mahasiswa dibekali berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat dalam
kehidupan berbangsa. Guna melaksanakan pendidikan, diperlukan berbagai macam
sarana dan prasarana pendidikan diantaranya:
- Gedung
Universitas memiliki berbagai gedung untuk keperluan tempat kegiatan administrasi dan pendidikan, gedung-gedung tersebut antara lain: - Ruang Rektor dan Para Pembantu Rektor
- Ruang BAU BAAK
- Auditorium dan Ruang Kuliah
- Ruang Perpustakaan, Komputer, dan Laboratorium
Tidak Kurang dari 65 buah ruang besar dan kecil
termasuk ruang/rumah SATPAM yang berdiri megah di Kampus Univet Bantara
Sukoharjo.
- Perpustakaan
Untuk membantu para tenaga pengajar dan mahasiswa memperdalam ilmu pengetahuan, Univet Bantara Sukoharjo menyediakan buku-buku di perpustakaan universitas. Buku-buku tersebut disediakan selain oleh Universitas/Fakultas/Program Studi, juga menerima bantuan dari pihak manapun, termasuk dari para mahasiswa yang baru lulus. Penggunaan buku-buku tersebut diatur oleh Kepala Perpustakaan. Disamping Perpustakaan Pusat terdapat pula perpustakaan disetiap program studi. - Komputer
Dewasa ini komputer merupakan alat yang semakin diperlukan diberbagai keperluan, termasuk dalam dunia pendidikan Di Univet dalam proses belajar mengajar dan bidang administrasi sudah menggunakan teknologi komputer. - Laboratorium
Untuk melaksanakan praktik dan latihan sebagai pelengkap kuliah Universitas menyediakan laboratorium. Bentuk dan isi laboratorium itu ditentukan oleh Fakultas yang memerlukan. Penggunaan laboratorium diatur oleh Fakultas yang memiliki. Disamping laboratorium untuk ilmu eksakta, disediakan pula laboratorium bahasa, sehingga mahasiswa yang mempelajari bahasa asing sudah disediakan laboratorium bahasa. - Unit
Pelaksana Teknis (UPT)
Untuk kemajuan Univet, diperlukan UPT yang dapat menangani berbagai kegiatan Universitas dan Fakultas. Segera diadakan adanya UPT Univet Bantara Press yang dapat bertindak sebagai pencetak segala macam keperluan administrasi Universitas, dan dapat pula bertindak sebagai Badan Penerbit Universitas.
C. Struktur Organisasi
1. Dewan Penyantun
Berdasarkan Statuta Universitas Veteran Bangun
Nusantara (Univet) Sukoharjo, Dewan Penyantun terdiri dari tokoh masyarakat,
tokoh pendidikan, pejabat pemerintah, dan pengusaha yang mempunyai kepedulian
terhadap eksistensi dan pengembangan Universitas. Susunan Dewan Penyantun
Universitas Veteran Bantara adalah sebagai berikut ini.
Daftar Dewan Penyantun
Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet)
Sukoharjo
No
|
Nama
|
Jabatan Dinas
|
Jabatan Dewan Penyantun
|
1
|
Jend.
(Pur.) Wiranto
|
|
Ketua
Umum
|
2
|
H.
Bambang Riyanto, S.H.
|
Bupati
Sukoharjo
|
Ketua/Anggota
|
3
|
Prof.
Drs. Haris Mudjiman, MA,Ph.D.
|
|
Wk
Ket/Anggota
|
4
|
H.
Lukminto
|
Dirut
PT Sritek
|
Wk
Ket/Anggota
|
5
|
Prof.
Dr. H. Trisno Martono
|
Rektor
Univet
|
Sekretaris
I/Angg
|
6
|
Drs.
H. Muh. Toha, M.Si.
|
Wk.
Bupati Sukoharjo
|
Sekretaris
II/Angg
|
7
|
SISKS
Pakoe Boewono XIII
|
Raja
Keraton Surakarta
|
Anggota
|
8
|
H.
Santoso Dullah
|
Dirut
PT Danar Hadi
|
Anggota
|
9
|
Junaidi
Yusuf
|
Dirut
PT Konimex
|
Anggota
|
10
|
Agung
Sasongko
|
Dirut
PT Pabelan
|
Anggota
|
11
|
H.N.
Sakdani Darmopamudjo
|
Wartawan
|
Anggota
|
12
|
Ir.
Ki. Warseno Slenk, M.Si.
|
Seniman
|
Anggota
|
13
|
Ki
H. Manteb Sudarsono
|
Seniman
|
Anggota
|
2. Senat Universitas
Berdasarkan
Surat Keputusan Rektor Nomor: 096/SK/C.6/ Univet.Btr/III/2006, Susunan Senat
Universitas periode 2006-2010 adalah sebagai berikut ini.
Daftar Susunan Senat Universitas
Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet)
Sukoharjo
No
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Prof.
Dr. H. Trisno Martono
|
Ketua merangkap anggota
|
2
|
Drs.
Sri Wahono Saptomo, M.Hum.
|
Sek. merangkap anggota
|
3
|
Drs.
Sri Harsono, M.Si.
|
Anggota
|
4
|
Drs.
Lies Sudibyo.,MH
|
Anggota
|
5
|
Drs.
Agus Sudargono, M.Si.
|
Anggota
|
6
|
Dra.
Betty Gama, M.Si.
|
Anggota
|
7
|
Sodikin,
ST.MT
|
Anggota
|
8
|
Ir.Catur
Rini Sulistyaningsih
|
Anggota
|
9
|
Dr.
H. Kardoyo, M. Kes
|
Anggota
|
10
|
Ir.
Siti Akbari
|
Anggota
|
11
|
Drs.
Bambang Ikhwanto
|
Anggota
|
12
|
Drs.
Pranowo NS, M.H
|
Anggota
|
13
|
Rahmatul
Ahya, S.T
|
Anggota
|
14
|
Prof.
Dr. Madyo Eko Susilo, M.Pd
|
Anggota
|
15
|
Prof.
Drs. H. Sardanto Tjokrowinoto
|
Anggota
|
16
|
Drs.
Joned Sudarmaji
|
Anggota
|
17
|
Sutarmo,
S.E, M.Pd
|
Anggota
|
18
|
Ir.
Sri Hartati, M.P
|
Anggota
|
19
|
Drs.
Yoto Widodo, M.Si
|
Anggota
|
3. Pimpinan dan Pembantu Pimpinan Universitas
Pimpinan
dan pembantu pimpinan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo periode
2009-2013 sebagai berikut:
- Pimpinan
Universitas
Rektor : Prof. Dr. H. Trisno Martono
Pembantu Rektor I : Drs. Sri Harsono, M.Si.
Pembantu Rektor II : Drs. Sri Wahono Saptomo, M.Hum.
Pembantu Rektor III : Drs. Lies Sudibyo, MH.
2.
Pembantu Pimpinan Universitas
Biro Administrasi Umum (BAU)
Biro Administrasi Umum (BAU)
1.
Kepala Biro: *)
2.
Kepala Bag Personalia, Persuratan, Lingkungan
dan Usaha: Samijo, S.Pd.
3.
Kepala Bagian Keuangan: Lasiman HD, S.Pd., MM.
4.
Kepala Bagian Sarana Prasara: Joko Tulus
Raharjo, S.Pd.
Biro administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
1) Kepala BAAK : *)
2) Kepala Bagian Akademik : Suyatno, S.Pd.
3) Kepala Bagian Kemahasiswaan : Drs. Bambang Suroyo
Kepala Humas : Dra. Nanik Lestarini.,MM
Biro administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
1) Kepala BAAK : *)
2) Kepala Bagian Akademik : Suyatno, S.Pd.
3) Kepala Bagian Kemahasiswaan : Drs. Bambang Suroyo
Kepala Humas : Dra. Nanik Lestarini.,MM
3. Pimpinan dan Pembantu Pimpinan Fakultas di
Lingkungan Univet
a.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Dekan
: Drs. Agus Sudargono, M.Si.
Pembantu Dekan I : Drs. Krisdianto Hadiprasetyo, M.Pd.
Pembantu Dekan II : Dra. Titik Sudiatmi, M.Pd.
Pembantu Dekan III : Drs. Pranowo Narjosoeripto, MH.
Pembantu Dekan I : Drs. Krisdianto Hadiprasetyo, M.Pd.
Pembantu Dekan II : Dra. Titik Sudiatmi, M.Pd.
Pembantu Dekan III : Drs. Pranowo Narjosoeripto, MH.
1.
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Ketua : Drs. Suparmin, M.Hum.
Sekretaris : Dewi Kusumaningsih, SS, M.Hum.
Ketua : Drs. Suparmin, M.Hum.
Sekretaris : Dewi Kusumaningsih, SS, M.Hum.
- Prodi
Pendidikan Bahasa Jawa
Ketua : Drs. Diwandhana WU., M.Pd.
Sekretaris : R. Adi Deswijaya, SS.
3.
Prodi Teknologi Pendidikan
Ketua : Dra. Sri Mulyani
Sekretaris : *)
Ketua : Dra. Sri Mulyani
Sekretaris : *)
4.
Prodi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Ketua : Dra. Awik Hidayati
Sekretaris : Drs. Bambang Kusparnanto
Ketua : Dra. Awik Hidayati
Sekretaris : Drs. Bambang Kusparnanto
5.
Prodi Pendidikan Matematika
Ketua : Dra. Dewi Susilowati, M.Pd.
Sekretaris : Drs. Afif Afghohani, M.Kom.
Ketua : Dra. Dewi Susilowati, M.Pd.
Sekretaris : Drs. Afif Afghohani, M.Kom.
6.
Prodi Pendidikan Biologi
Ketua : Dra. Nur Rokhimah Hanik, MP.
Sekretaris : Dra. Tri Wiharti, M.Hum.
Ketua : Dra. Nur Rokhimah Hanik, MP.
Sekretaris : Dra. Tri Wiharti, M.Hum.
7.
Prodi Pendidikan Geografi
Ketua : Drs. Sukamto
Sekretaris : Pranichayudha Rohsulina, S.Pd. M.Pd.
Ketua : Drs. Sukamto
Sekretaris : Pranichayudha Rohsulina, S.Pd. M.Pd.
8.
Prodi Pendidikan Sejarah
Ketua : Dra. R. Ay. Sri Kusdinah, M.Pd.
Sekretaris : Ira Pramuda Wardhani, S.Pd., M.Pd.
Ketua : Dra. R. Ay. Sri Kusdinah, M.Pd.
Sekretaris : Ira Pramuda Wardhani, S.Pd., M.Pd.
9.
Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Ketua : Dra. Cucu Siti Sukonsih, M.Pd.
Sekretaris : Dra. MH. Sri Rahayu, M.Pd.
Ketua : Dra. Cucu Siti Sukonsih, M.Pd.
Sekretaris : Dra. MH. Sri Rahayu, M.Pd.
b.
Fakultas
Teknik
Dekan
: Sodikin, ST, M.T,
Pembantu Dekan I : Rahmatul Ahya, ST, MM.
Pembantu Dekan II : *)
Pembantu Dekan III : *)
Pembantu Dekan I : Rahmatul Ahya, ST, MM.
Pembantu Dekan II : *)
Pembantu Dekan III : *)
1.
Prodi
Teknik Sipil
Ketua
: Retno Tri Nalarsih, ST,MT.
Sekretaris :. *)
Sekretaris :. *)
2.
Prodi
Teknik Industri
Ketua
: Darsini, ST. M.Si.
Sekretaris : *)
Sekretaris : *)
c.
Fakultas Pertanian
Dekan
: Ir. Catur Rini Sulistyaningsih
Pembantu Dekan I : Ir. Catur Budi Handayani, MM.
Pembantu Dekan II : *)
Pembantu Dekan III : *)
Pembantu Dekan I : Ir. Catur Budi Handayani, MM.
Pembantu Dekan II : *)
Pembantu Dekan III : *)
1.
Prodi
Teknik Pertanian
Ketua
: Ir. Nikentari.
Sekretaris :. *)
Sekretaris :. *)
2.
Prodi
Produksi Ternak
Ketua
: Ahimsa Kandhi Sariri, S.P.
Sekretaris : *)
Sekretaris : *)
d.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Dekan
: Dra. Betty Gama, M.Si.
Pembantu Dekan I : Drs. Joko Suryono, M.Si.
Pembantu Dekan II : *)
Pembantu Dekan III : *)
Pembantu Dekan I : Drs. Joko Suryono, M.Si.
Pembantu Dekan II : *)
Pembantu Dekan III : *)
1.
Prodi
Komunikasi
Ketua
: Dra. Nuryani Tri Rahayu, M.Si.
Sekretaris :. *)
Sekretaris :. *)
e.
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Dekan
: dr. Kardoyo, M.Kes.
Pembantu Dekan I : Sutarmo, S.E., M.Pd.
Pembantu Dekan II : *)
Pembantu Dekan III : *)
Pembantu Dekan I : Sutarmo, S.E., M.Pd.
Pembantu Dekan II : *)
Pembantu Dekan III : *)
*)
Dalam proses pergantian/pemilihan.
Unsur
Penunjang Akademik dan Administrasi di UNIVET
a.
Lembaga Penelitian & P3M
Ketua : Dr. Ir. Ali Mursyid WM, M.P.
Sekretaris : Purwani Indriastuti, SS., M.Hum.
Ketua : Dr. Ir. Ali Mursyid WM, M.P.
Sekretaris : Purwani Indriastuti, SS., M.Hum.
b.
Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal (PMI) Kepala
: Ir. Sri Hartati, MP.
c.
Kepala Pusat KKN dan Kerja Sama Daerah Binaan Kepala : Drs.Ismail, M.Pd
d.
Kepala Pusat Penelitian dan P2M
Kepala : Dra. Tutik Wahyuni,
M.Hum.
e.
Lab. Komputer Kepala Kepala
: Sri Wahyu Agustiningsih, SE, M.Si.
f.
Lab. Biologi
Kepala : Ir. Siti
Akbari
g.
Lab. Proses Produksi & Analisa
Kepala
: *)
h.
Lab. Sistem Produksi dan
Kepala
: *)
i.
Lab. Ekonomi Industri
Kepala
: Mathilda Lestari, S.T.
j.
Lab. Sipolitas
Kepala
: Suprapto, ST, M.Eng.
k.
Perpustakaan
Kepala :
Dra. Sujanti
l.
Balai Praktik Pengalaman Lapangan
Kepala
: Drs. Haryanto, M.Pd.
BAB III
LAPORAN
KEGIATAN PRAKERIN
A.
Pelaksanaan
Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan PRAKERIN ini dilaksanakan
mulai tanggal 19 Desember 2011 sampai 29 Februari 2012. Selama itu penulis
banyak mendapat berbagai pengalaman mengenai pekerjaan dikantor maupun di
Instansi-instansi lainnya. Selain melaksanakan tugas dengan baik penulis juga
dituntut untuk selalu sopan dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang diterima
dan dilaksanakanpun harus rapi.
Hari-hari kerja di Univet Veteran Sukoharjo
dari Senin s.d. Sabtu, jam kerja dimulai dari pukul 07.30-14.00 WIB untuk Senin
s.d. Kamis dan pukul 11.00-12.00 WIB untuk Jum’at dan Sabtu, yang ditandai
dengan terdengarnya suara gamelan dari kantor bupati Sukoharjo yang letaknya
tidak terlalu jauh.
Penulis menempati bagian FKIP Progdi PBSD yang
merupakan salah satu progdi bahasa khususnya bahasa daerah/jawa. Berikut
struktur dosen pengajar di progdi PBSD;
Ketua Progdi : Drs. Djiwandhana WU., M.Pd.
Sekretaris Progdi : Nurnaningsih, S.S., M.Hum.
Dosen-dosen lain :
·
Drs. Bambang Ikhwanto
·
Dra. Nurpeni Priyatiningsih., M.Pd.
·
Drs. Mas Sukardi, M.Pd.
·
Dr. Hj. Farida Nugraheni., M.Hum.
·
Adi Prasetyo., S.S., M.Hum.
·
R. Adi Deswijaya., S.S.
·
Agus Efendi., S.Sn., M.Sn.
·
Sawitri., S.Sn.
·
Indraswari Pikatan., S.S.
·
Harsono., S.S.
B.
Hasil Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan penulis selama 2 bulan
lebih ini meliputi:
Ø Bersih-bersih
ruangan
Ø Mengantarkan
kertas folio dan amplop
Ø Memasukkan
folio kedalam amplop
Ø Meminta
kekurangan folio ke FKIP
Ø Melayani
pengambilan kartu ujian Reguler maupun Non-Reguler
Ø Melayani
pengumpulan, peminjaman dan pengembalian Skripsi
Ø Mengambil buku
pedoman Skripsi diruang Pasca
Ø Mengantarkan
kwitansi ke FKIP
Ø Mengetik data
Skripsi
Ø Menunggu
pengambilan LJK
Ø Fotocopy jadwal
dan merekapnya
Ø Mendata sisa
kartu ujian dan kwitansi
Ø Mengarsip soal
dan mendata mahasiswa
Ø Menyetempel
kartu ujian dan KHS
Ø Mengantarkan
LJK ke dosen-dosen yang bersangkutan
Ø Mengetik kartu
ujian Non-Reguler dan KHS
Ø Menata dan
memilah CD Skripsi
Ø Mengisi tinta
printer
Ø Mendata
nilai-nilai yang masuk
Ø Membeli gula
dan teh
Ø Memasukkan
nilai ke KHS
Ø Mendata
buku-buku di perpustakaan PBSD
Ø Mengantarkan
undangan
Ø Mengedarkan
jadwal
Ø Mengambil ATK
di FKIP
Dari
macam-macam pelaksanaan tersebut, maka penulis menyimpulkan hasil
kegiatan yang telah dilaksanakan dengan penilaian dari pembimbing ditempat
prakerin, meliputi:
1.
Adanya kedisiplinan yang diharuskan untuk
selalu dipegang teguh
2.
Melaksanakan tugas haruslah dengan rasa
bertanggung jawab
3.
Tugas yang diberikan haruslah dilaksanakan
dengan baik dan penuh rasa percaya
4.
Harus tanggap dengan tugas yang diberikan,
apabila kurang paham diharuskan untuk bertanya agar tidak terjadi kesalahan
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian–uraian diatas penulis dapat mengambil kesimpulan dalam melaksanakan
kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Universitas Veteran Bangun
Nusantara Sukoharjo selama 2 bulan lebih, diantaranya;
1.
Dalam
melaksanakan kegiatan tersebut penulis dapat memiliki pengalaman bekerja;
2.
Dalam bekerja
juga harus memiliki tanggung jawab yang besar agar mendapatkan kepercayaan dari
atasan maupun orang lain;
3.
Bisa membedakan
antara pembelajaran disekolah dengan di dunia usaha/industri dan menerapkan
ilmu dari sekolah;
4.
Menghargai dan menghormatiorang
lain karena dalam bekerja haruslah dituntut untuk menghormati semua orang agar
mendapatkan banyak teman;
B.
Saran
Selain
kesimpulan yang penulis berikan, adapun saran-saran yang membangun dari penulis
untuk kemajuan Dunia Usaha / Dunia Industri. Saran-saran tersebut meliputi;
1.
Sebaiknya dalam
melayani tamu maupun Mahasiswa harus lebih dimaksimalkan agar tamu maupun
Mahasiswa tidak terlalu lama menunggu;
2.
Dalam mengarsip
surat-surat maupun laporan-laporan yang diterima sebaiknya diarsip dengan baik;
3.
Merapikan
buku-buku perpustakaan ditiap-tiap program studi sebaiknya diberi nomor dan
jenis bukunya (indeks) agar lebih rapi dan mudah ditemukan;
4.
Untuk mahasiswa
sebaiknya apabila ada keperluan dengan dosen diharapkan membuat janji terlebih
dahulu.
DAFTAR PUSTAKA
univet
bantara.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar