Kamis, 21 Februari 2013

Laporan Mengenai UNIVET BANTARA SKOHARJO



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.
B.     Dasar Penulisan
       Dasar penulisan diadakannya PRAKERIN (Praktek kerja Industri) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kinerja tiap-tiap siswa yang bersekolah di sekolah kejuruan.
      Dasar penulisan dalam penyusunan laporan PRAKERIN ini tidak terlepas dari  pihak – pihak yang telah ikut membantu dalam menyelesaikan laporan penulis dalam penulisan makalah ini menggunakan metode sebagai berikut:

1.         Metode observasi, merupakan metode yang digunakan dengan cara     memperoleh data dengan meninjau langsung kegiatan yang dilakukan instansi  tersebut.

2.         Metode analisis, merupakan metode yang digunakan dengan cara memperoleh data dengan menganalisi terlebih dahulu kebenaran dan keakuratan data yang diperoleh, sehingga dapat di simpulkan menjadi sebuah laporan.
       Selain itu dasar penulisan ini berdasarkan dengan informasi-informasi yang didapat penulis selama mengikuti PRAKERIN (Praktek kerja Industri) dan untuk membentuk karakter pada setiap diri siswa-siswi PRAKERIN haruslah dengan memiliki kewajiwan-kewajiban yang harus ditaati di tempat PRAKERIN dan  menanamkan nilai-nilai 18 pendidikan berkarakter.
Kewajiban Siswa ditempat PRAKERIN adalah :
a.       Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah disepakati;
b.      Mematuhi setiap Instruksi ditempat kerja;
c.       Melaksanakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja);
d.      Menjaga nama baik Lembaga Pendidikan (Almamater), Dunia Usaha dan Dunia Industri;
e.       Melakukan Observasi dan Penelitian yang mempunyai tujuan Positif;
f.       Bertanya kepada pihak yang berkompten apabila kurang paham/ dimengerti.
Kewajiban-kewajiban lain yang harus dilakukan siswa ditempat PRAKERIN adalah harus melaksanakan dan menanamkan 18 nilai pendidikan berkarakter, yaitu:

1.      Religius
      Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2.      Jujur
      Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3.      Toleransi
      Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4.      Disiplin
      Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan  patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5.      Kerja Keras
      Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6.      Kreatif
      Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7.      Mandiri
      Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8.      Demokratis
      Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama, hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.



9.      Rasa Ingin Tahu
      Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10.  Semangat Kebangsaan
      Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11.  Cinta Tanah Air
      Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12.  Menghargai Prestasi
      Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13.  Bersahabat / Komuniktif
      Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14.  Cinta Damai
      Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15.  Gemar Membaca
      Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16.  Peduli Lingkungan
      Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.


17.  Peduli Sosial
      Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18.  Tanggung-jawab
      Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  1. Tujuan PRAKERIN
Adapun tujuan-tujuan diadakannya PRAKERIN, meliputi:
a.       Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah;
b.      Membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN;
c.       Melatih siswa untuk berkomunikasi/ berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya;
d.      Membentuk Etos kerja yang baik bagi siswa-siswi PRAKERIN;
e.       Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi PRAKERIN sesuai bidang masing-masing;
f.       Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari;
g.      Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.
      Dalam proses pengajuan siswa-siswi PRAKERIN wajib mengikuti Prosedur yang ditetapkan oleh lembaga, Dunia Industri maupun Dunia Usaha. Setiap lembaga, Dunia Industri maupun Dunia Usaha tentu saja memiliki Prosedur yang berbeda-beda tergantung dari kondisi masing-masing Dunia Industri maupun Dunia Usaha terkait.

BAB II
GAMBARAN UMUM
UNIVERSITAS VETERAN SUKOHARJO

A.    Sejarah
Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo merupakan perubahan bentuk atau pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Veteran Sukoharjo. IKIP Veteran Sukoharjo didirikan oleh para Veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia pada 28 Maret 1968. Para pendiri IKIP Veteran Sukoharjo tersebut ialah:
1.         Soenaryo As, B.A.
2.         FX. Sri Widodo, B.A.
3.         Soetasno, B.A.
4.         Karsono As, B.A.
5.         Soekri Atmotaroeno, B.A.
6.         Soeroso, B.A.
7.         Sarwoko, S.H.
8.         Drs. Mursidi
9.         Sulbekti
Pada mulanya IKIP Veteran Sukoharjo merupakan cabang IKIP Veteran Jawa Tengah di Semarang, dengan Status terdaftar SK Dirjen Dikti tanggal 29 September 1969 Nomor: 174 a/DPT/I/69.
Dengan Terbentuknya Yayasan Pembina/Perguruan Veteran Sukoharjo pada tanggal 9 November 1979 secara resmi IKIP Veteran Sukoharjo melepaskan diri dari IKIP Veteran Jawa Tengah Cabang Semarang.
Pimpinan sejak IKIP Veteran cabang Sukoharjo sampai menjadi IKIP Veteran Sukoharjo sebagai berikut:
1.      Dekan Koordinator IKIP Veteran Cabang Sukoharjo (1968 - 1979)
a.
Sarwoko, S.H.
: (1968 - 1971)
b.
Soetasno, B.A.
: (1971 - 1975)
c.
Karsono As, B.A
: (1976 - 1979)
2.      Pimpinan IKIP Sukoharjo (1979 - 1993)
a.
Rektor dan Pembantu Rektor

Rektor
: Drs. Soenaryo AS.

Pembantu Rektor I
: Drs. Mursidi

Pembantu Rektor II
: Soetasno, B.A.

Pembantu Rektor III
: Drs. Soekri Atmotaroeno
b.
Dekan

Dekan FPIPS
: Drs. FX. Sri Widodo (1979 - 1985)


: Drs. A.Y. Soegeng Ysh (1965 - 1988)


: Suhardjono, S.H. (1988 - 1989)


: Mustakim, S.H. (1989 - 1992)

Dekan FIP
: Drs. Subagyo Brotosedjati (1979 -1989)        

Dekan FPBS
: Drs. Juarlan (1979 - 1989)


: Drs. Sumiyo AS. (1989 - 1993)

Dekan FPMIPA
: Drs. Joko Bekti Haryono (1989 - 1993)
Dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 30/D/0/1993 secara resmi IKIP Veteran Sukoharjo berubah menjadi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Untuk pertama kali struktur pimpinan sebagai berikut:

Rektor
: Drs. Soenaryo AS

Pembantu Rektor I
: Drs. H. Suhardjo

Pembantu Rektor II
: Drs. Mursidi

Pembantu Rektor III
: Karsono As

Dekan FKIP
: Drs. Soekri AN

Dekan Fak. Teknik
: Ir. Susy Susmartini, M. SIE.

Dekan F. Pertanian
: Dr. Ir. Sri Handayani, M.S

Dekan FISIP
: Drs. Parwoto

Identitas Sekolah

Dalam lambang Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo terdapat beberapa jenis unsur, yaitu tulisan dan benda-benda. Unsur tulisan dan benda  tersebut meliputi;
1.      Unsur tulisan yang pertama berbunyi : "Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo" bermakna tekad mengabdi untuk membangun Nusantara tercinta .

2.      Unsur tulisan yang kedua terbaca "uninga kawula ambangun nagara" yang dapat diterjemahkan sebagai "mencerdaskan rakyat untuk membangun negara". Tulisan tersebut merupakan paduan tulisan Latin dengan gaya Jawa yang mewujudkan candra sengkala tahun terbentuknya Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, yaitu tahun 1993.

3.      Tampak dalam logo Universitas Veteran Bangun Nusantara tiga bulatan rantai kencana yang saling terkait, menggambarkan jiwa, semangat dan citra persatuan sepanjang zaman. Letak ketiga rantai kencana memadu segaris dengan tulisan uninga kawula ambangun nagara menggambarkan jiwa, semangat dan citra persatuan sepanjang zaman itu dalam rangka mencerdaskan rakyat sebagai wujud nyata membangun bangsa dan negara, yang bisa disebut Terminologi Pembangunan Nasional.

4.      Sebagai inti lambang Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo tampak unsur-unsur buku, pena, tiga kuncup bunga, terpadu dengan lidah nyala api yang dilandasi pita merah putih, yang semuanya tergambar dinamis menyatu arah bintang segilima sebagai puncaknya, yang meliputi;
o   Buku dan pena menggambarkan cita-cita kecendikiaan.
o   Tiga kuncup bunga menggambarkan generasi muda dari tiga masa: masa lampau, masa kini, dan masa datang, sekaligus wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.
o   Lidah api menggambarkan semangat kebangsaan.
o   Bintang segilima mengingatkan pada tiga hal yaitu secara interval mengingatkan kepada nama yang berdasar pada unsur lambang yang telah disebut beserta warna-warna terpilihnya, gairah, dijiwai oleh keberanian, kesucian, keluhuran dan keteguhan, mengemban dan melaksanakan misi mencerdaskan rakyat dari tiga generasi, melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, dilandasi oleh cita-cita persatuan dan kesatuan bangsa, dipadu oleh jiwa dan semangat veteran serta nilai-nilai luhur Pancasila, dalam naungan Tuhan Yang Maha Esa, turut serta dalam dinamika Pembangunan Nasional Bangsa Indonesia, serta wujud ibadah dan persembahan umat khalik Allah kepadaNya

B.     Visi Misi dan Tujuan
Visi Univet Bantara:
  1. Menjadi universitas yang terkemuka di kawasan regional, pemuka dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian yang tinggi, beriman dan bertakwa, berbudi luhur, dan mampu berperan serta dalam pembangunan.
  3. Melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dengan menggunakan teknologi mutakhir, berpandangan jauh ke depan, tanggap dan adaptif terhadap perubahan.

Misi Univet Bantara:
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan produk sesuai kebutuhan prioritas pembangunan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat.
Sarana dan Prasarana
Univet Bantara Sukoharjo menghendaki para sarjana lulusannya mempunyai wawasan yang luas, sehingga dapat menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan bangsa, negara dan pembangunan. Untuk itu para mahasiswa dibekali berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat dalam kehidupan berbangsa. Guna melaksanakan pendidikan, diperlukan berbagai macam sarana dan prasarana pendidikan diantaranya:
  1. Gedung
    Universitas memiliki berbagai gedung untuk keperluan tempat kegiatan administrasi dan pendidikan, gedung-gedung tersebut antara lain:
    1. Ruang Rektor dan Para Pembantu Rektor
    2. Ruang BAU BAAK
    3. Auditorium dan Ruang Kuliah
    4. Ruang Perpustakaan, Komputer, dan Laboratorium
Tidak Kurang dari 65 buah ruang besar dan kecil termasuk ruang/rumah SATPAM yang berdiri megah di Kampus Univet Bantara Sukoharjo.
  1. Perpustakaan
    Untuk membantu para tenaga pengajar dan mahasiswa memperdalam ilmu pengetahuan, Univet Bantara Sukoharjo menyediakan buku-buku di perpustakaan universitas. Buku-buku tersebut disediakan selain oleh Universitas/Fakultas/Program Studi, juga menerima bantuan dari pihak manapun, termasuk dari para mahasiswa yang baru lulus. Penggunaan buku-buku tersebut diatur oleh Kepala Perpustakaan. Disamping Perpustakaan Pusat terdapat pula perpustakaan disetiap program studi.
  2. Komputer
    Dewasa ini komputer merupakan alat yang semakin diperlukan diberbagai keperluan, termasuk dalam dunia pendidikan Di Univet dalam proses belajar mengajar dan bidang administrasi sudah menggunakan teknologi komputer.
  3. Laboratorium
    Untuk melaksanakan praktik dan latihan sebagai pelengkap kuliah Universitas menyediakan laboratorium. Bentuk dan isi laboratorium itu ditentukan oleh Fakultas yang memerlukan. Penggunaan laboratorium diatur oleh Fakultas yang memiliki. Disamping laboratorium untuk ilmu eksakta, disediakan pula laboratorium bahasa, sehingga mahasiswa yang mempelajari bahasa asing sudah disediakan laboratorium bahasa.
  4. Unit Pelaksana Teknis (UPT)
    Untuk kemajuan Univet, diperlukan UPT yang dapat  menangani  berbagai kegiatan Universitas dan Fakultas. Segera   diadakan  adanya UPT   Univet Bantara  Press   yang  dapat  bertindak   sebagai   pencetak  segala   macam keperluan   administrasi  Universitas,  dan   dapat   pula  bertindak  sebagai Badan Penerbit Universitas.

C.    Struktur Organisasi

1.      Dewan Penyantun
Berdasarkan Statuta Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo, Dewan Penyantun terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, pejabat pemerintah, dan pengusaha yang mempunyai kepedulian terhadap eksistensi dan pengembangan Universitas. Susunan Dewan Penyantun Universitas Veteran Bantara adalah sebagai berikut ini.
Daftar Dewan Penyantun
Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo
No
Nama
Jabatan Dinas
Jabatan Dewan Penyantun
1
Jend. (Pur.) Wiranto

Ketua Umum
2
H. Bambang Riyanto, S.H.
Bupati Sukoharjo
Ketua/Anggota
3
Prof. Drs. Haris Mudjiman, MA,Ph.D.

Wk Ket/Anggota
4
H. Lukminto
Dirut PT Sritek
Wk Ket/Anggota
5
Prof. Dr. H. Trisno Martono
Rektor Univet
Sekretaris I/Angg
6
Drs. H. Muh. Toha, M.Si.
Wk. Bupati Sukoharjo
Sekretaris II/Angg
7
SISKS Pakoe Boewono XIII
Raja Keraton Surakarta
Anggota
8
H. Santoso Dullah
Dirut PT Danar Hadi
Anggota
9
Junaidi Yusuf
Dirut PT Konimex
Anggota
10
Agung Sasongko
Dirut PT Pabelan
Anggota
11
H.N. Sakdani Darmopamudjo
Wartawan
Anggota
12
Ir. Ki. Warseno Slenk, M.Si.
Seniman
Anggota
13
Ki H. Manteb Sudarsono
Seniman
Anggota




2.      Senat Universitas
Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 096/SK/C.6/ Univet.Btr/III/2006, Susunan Senat Universitas periode 2006-2010 adalah sebagai berikut ini.
Daftar Susunan Senat Universitas
Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo

No
Nama
Jabatan
1
Prof. Dr. H. Trisno Martono
Ketua merangkap anggota
2
Drs. Sri Wahono Saptomo, M.Hum.
Sek. merangkap anggota
3
Drs. Sri Harsono, M.Si.
Anggota
4
Drs. Lies Sudibyo.,MH
Anggota
5
Drs. Agus Sudargono, M.Si.
Anggota
6
Dra. Betty Gama, M.Si.
Anggota
7
Sodikin, ST.MT
Anggota
8
Ir.Catur Rini Sulistyaningsih
Anggota
9
Dr. H. Kardoyo, M. Kes
Anggota
10
Ir. Siti Akbari
Anggota
11
Drs. Bambang Ikhwanto
Anggota
12
Drs. Pranowo NS, M.H
Anggota
13
Rahmatul Ahya, S.T
Anggota
14
Prof. Dr. Madyo Eko Susilo, M.Pd
Anggota
15
Prof. Drs. H. Sardanto Tjokrowinoto
Anggota
16
Drs. Joned Sudarmaji
Anggota
17
Sutarmo, S.E, M.Pd
Anggota
18
Ir. Sri Hartati, M.P
Anggota
19
Drs. Yoto Widodo, M.Si
Anggota
3.      Pimpinan dan Pembantu Pimpinan Universitas
Pimpinan dan pembantu pimpinan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo periode 2009-2013 sebagai berikut:
  1. Pimpinan Universitas
    Rektor                         : Prof. Dr. H. Trisno Martono
    Pembantu Rektor I      : Drs. Sri Harsono, M.Si.
    Pembantu Rektor II                : Drs. Sri Wahono Saptomo, M.Hum.
    Pembantu Rektor III               : Drs. Lies Sudibyo, MH.
2.      Pembantu Pimpinan Universitas
Biro Administrasi Umum (BAU)
1.      Kepala Biro: *)
2.      Kepala Bag Personalia, Persuratan, Lingkungan dan Usaha: Samijo, S.Pd.
3.      Kepala Bagian Keuangan: Lasiman HD, S.Pd., MM.
4.      Kepala Bagian Sarana Prasara: Joko Tulus Raharjo, S.Pd.

Biro administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)

1)      Kepala BAAK                               : *)
2)      Kepala Bagian Akademik              : Suyatno, S.Pd.
3)      Kepala Bagian Kemahasiswaan      : Drs. Bambang Suroyo

Kepala Humas : Dra. Nanik Lestarini.,MM
3.  Pimpinan dan Pembantu Pimpinan Fakultas di Lingkungan Univet
a.      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Dekan                            : Drs. Agus Sudargono, M.Si.
Pembantu Dekan I          : Drs. Krisdianto Hadiprasetyo, M.Pd.
Pembantu Dekan II        : Dra. Titik Sudiatmi, M.Pd.
Pembantu Dekan III      : Drs. Pranowo Narjosoeripto, MH.
1.      Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Ketua                   : Drs. Suparmin, M.Hum.
Sekretaris             : Dewi Kusumaningsih, SS, M.Hum.
  1. Prodi Pendidikan Bahasa Jawa
    Ketua                   : Drs. Diwandhana WU., M.Pd.
    Sekretaris             : R. Adi Deswijaya, SS.
3.      Prodi Teknologi Pendidikan
Ketua                   : Dra. Sri Mulyani
Sekretaris             : *)
4.      Prodi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Ketua                   : Dra. Awik Hidayati
Sekretaris             : Drs. Bambang Kusparnanto
5.      Prodi Pendidikan Matematika
Ketua                   : Dra. Dewi Susilowati, M.Pd.
Sekretaris             : Drs. Afif Afghohani, M.Kom.
6.      Prodi Pendidikan Biologi
Ketua                   : Dra. Nur Rokhimah Hanik, MP.
Sekretaris             : Dra. Tri Wiharti, M.Hum.
7.      Prodi Pendidikan Geografi
Ketua                   : Drs. Sukamto
Sekretaris             : Pranichayudha Rohsulina, S.Pd. M.Pd.
8.      Prodi Pendidikan Sejarah
Ketua                   : Dra. R. Ay. Sri Kusdinah, M.Pd.
Sekretaris             : Ira Pramuda Wardhani, S.Pd., M.Pd.
9.      Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Ketua                   : Dra. Cucu Siti Sukonsih, M.Pd.
Sekretaris             : Dra. MH. Sri Rahayu, M.Pd.

b.       Fakultas Teknik
Dekan                            : Sodikin, ST, M.T,
Pembantu Dekan I          : Rahmatul Ahya, ST, MM.
Pembantu Dekan II        : *)
Pembantu Dekan III       : *)
1.       Prodi Teknik Sipil
Ketua                   : Retno Tri Nalarsih, ST,MT.
Sekretaris             :. *)
2.       Prodi Teknik Industri
Ketua                   : Darsini, ST. M.Si.
Sekretaris             : *)


c.       Fakultas Pertanian
Dekan    : Ir. Catur Rini Sulistyaningsih
Pembantu Dekan I          : Ir. Catur Budi Handayani, MM.
Pembantu Dekan II        : *)
Pembantu Dekan III       : *)
1.       Prodi Teknik Pertanian
Ketua                   : Ir. Nikentari.
Sekretaris             :. *)
2.       Prodi Produksi Ternak
Ketua                   : Ahimsa Kandhi Sariri, S.P.
Sekretaris             : *)
d.      Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Dekan    : Dra. Betty Gama, M.Si.
Pembantu Dekan I          : Drs. Joko Suryono, M.Si.
Pembantu Dekan II        : *)
Pembantu Dekan III       : *)
1.       Prodi Komunikasi
Ketua                   : Dra. Nuryani Tri Rahayu, M.Si.
Sekretaris             :. *)
e.       Fakultas Kesehatan Masyarakat
Dekan                            : dr. Kardoyo, M.Kes.
Pembantu Dekan I          : Sutarmo, S.E., M.Pd.
Pembantu Dekan II        : *)
Pembantu Dekan III       : *)
*) Dalam proses pergantian/pemilihan.
Unsur Penunjang Akademik dan Administrasi di UNIVET
a.       Lembaga Penelitian & P3M
Ketua              : Dr. Ir. Ali Mursyid WM, M.P.
Sekretaris        : Purwani Indriastuti, SS., M.Hum.
b.      Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal (PMI)                                              Kepala            : Ir. Sri Hartati, MP.
c.       Kepala Pusat KKN dan Kerja Sama Daerah Binaan                          Kepala                        : Drs.Ismail, M.Pd
d.      Kepala Pusat Penelitian dan P2M                                                                   Kepala            : Dra. Tutik Wahyuni, M.Hum.
e.       Lab. Komputer Kepala                                                                               Kepala                 : Sri Wahyu  Agustiningsih, SE, M.Si.
f.       Lab. Biologi                                                                                        Kepala                        : Ir. Siti Akbari
g.      Lab. Proses Produksi & Analisa        
Kepala             :  *)
h.      Lab. Sistem Produksi dan      
Kepala             : *)
i.        Lab. Ekonomi Industri           
Kepala             : Mathilda Lestari, S.T.
j.        Lab. Sipolitas 
Kepala             : Suprapto, ST, M.Eng.
k.      Perpustakaan  
Kepala             : Dra. Sujanti
l.        Balai Praktik Pengalaman Lapangan 
Kepala             : Drs. Haryanto, M.Pd.
BAB III
LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN


A.    Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan PRAKERIN ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Desember 2011 sampai 29 Februari 2012. Selama itu penulis banyak mendapat berbagai pengalaman mengenai pekerjaan dikantor maupun di Instansi-instansi lainnya. Selain melaksanakan tugas dengan baik penulis juga dituntut untuk selalu sopan dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang diterima dan dilaksanakanpun harus rapi.
Hari-hari kerja di Univet Veteran Sukoharjo dari Senin s.d. Sabtu, jam kerja dimulai dari pukul 07.30-14.00 WIB untuk Senin s.d. Kamis dan pukul 11.00-12.00 WIB untuk Jum’at dan Sabtu, yang ditandai dengan terdengarnya suara gamelan dari kantor bupati Sukoharjo yang letaknya tidak terlalu jauh.
Penulis menempati bagian FKIP Progdi PBSD yang merupakan salah satu progdi bahasa khususnya bahasa daerah/jawa. Berikut struktur dosen pengajar di progdi PBSD;
Ketua Progdi            : Drs. Djiwandhana WU., M.Pd.
Sekretaris Progdi      : Nurnaningsih, S.S., M.Hum.
Dosen-dosen lain       :
·         Drs. Bambang Ikhwanto
·         Dra. Nurpeni Priyatiningsih., M.Pd.
·         Drs. Mas Sukardi, M.Pd.
·         Dr. Hj. Farida Nugraheni., M.Hum.
·         Adi Prasetyo., S.S., M.Hum.
·         R. Adi Deswijaya., S.S.
·         Agus Efendi., S.Sn., M.Sn.
·         Sawitri., S.Sn.
·         Indraswari Pikatan., S.S.
·         Harsono., S.S.
B.     Hasil Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan penulis selama 2 bulan lebih ini meliputi:
Ø  Bersih-bersih ruangan
Ø  Mengantarkan kertas folio dan amplop
Ø  Memasukkan folio kedalam amplop
Ø  Meminta kekurangan folio ke FKIP
Ø  Melayani pengambilan kartu ujian Reguler maupun Non-Reguler
Ø  Melayani pengumpulan, peminjaman dan pengembalian Skripsi
Ø  Mengambil buku pedoman Skripsi diruang Pasca
Ø  Mengantarkan kwitansi ke FKIP
Ø  Mengetik data Skripsi
Ø  Menunggu pengambilan LJK
Ø  Fotocopy jadwal dan merekapnya
Ø  Mendata sisa kartu ujian dan kwitansi
Ø  Mengarsip soal dan mendata mahasiswa
Ø  Menyetempel kartu ujian dan KHS
Ø  Mengantarkan LJK ke dosen-dosen yang bersangkutan
Ø  Mengetik kartu ujian Non-Reguler dan KHS
Ø  Menata dan memilah CD Skripsi
Ø  Mengisi tinta printer
Ø  Mendata nilai-nilai yang masuk
Ø  Membeli gula dan teh
Ø  Memasukkan nilai ke KHS
Ø  Mendata buku-buku di perpustakaan PBSD
Ø  Mengantarkan undangan
Ø  Mengedarkan jadwal
Ø  Mengambil ATK di FKIP

Dari macam-macam  pelaksanaan  tersebut, maka penulis menyimpulkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan dengan penilaian dari pembimbing ditempat prakerin, meliputi:
1.      Adanya kedisiplinan yang diharuskan untuk selalu dipegang teguh
2.      Melaksanakan tugas haruslah dengan rasa bertanggung jawab
3.      Tugas yang diberikan haruslah dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa percaya
4.      Harus tanggap dengan tugas yang diberikan, apabila kurang paham diharuskan untuk bertanya agar tidak terjadi kesalahan

























BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari uraian–uraian diatas penulis dapat mengambil kesimpulan dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo selama 2 bulan lebih, diantaranya;
1.      Dalam melaksanakan kegiatan tersebut penulis dapat memiliki pengalaman bekerja;
2.      Dalam bekerja juga harus memiliki tanggung jawab yang besar agar mendapatkan kepercayaan dari atasan maupun orang lain;
3.      Bisa membedakan antara pembelajaran disekolah dengan di dunia usaha/industri dan menerapkan ilmu dari sekolah;
4.      Menghargai dan menghormatiorang lain karena dalam bekerja haruslah dituntut untuk menghormati semua orang agar mendapatkan banyak teman;

B.     Saran
Selain kesimpulan yang penulis berikan, adapun saran-saran yang membangun dari penulis untuk kemajuan Dunia Usaha / Dunia Industri. Saran-saran tersebut meliputi;
1.      Sebaiknya dalam melayani tamu maupun Mahasiswa harus lebih dimaksimalkan agar tamu maupun Mahasiswa tidak terlalu lama menunggu;
2.      Dalam mengarsip surat-surat maupun laporan-laporan yang diterima sebaiknya diarsip dengan baik;
3.      Merapikan buku-buku perpustakaan ditiap-tiap program studi sebaiknya diberi nomor dan jenis bukunya (indeks) agar lebih rapi dan mudah ditemukan;
4.      Untuk mahasiswa sebaiknya apabila ada keperluan dengan dosen diharapkan membuat janji terlebih dahulu.
DAFTAR PUSTAKA




univet bantara.ac.id



























LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar